Nantikan!! Emoji Berhijab Dapat Diunduh di Ponsel

18 November 2016 10:37

Emoji yang dapat mewakilkan emosi seseorang dalam berkirim pesan kini kian inklusif. Baru-baru ini, Unicode mensahkan 51 emoji baru yang di antaranya ialah emoji agender, emoji sedang menyusui, dan yang paling dinantikan, emoji berhijab.

Pada pertemuan ke-149 yang diselenggarakan Kamis (10/11/2016) lalu, Unicode telah menyetujui 51 emoji baru setelah banyak orang mengajukan proposal disain emojinya. Jumlah tersebut menambah koleksi yang sudah ada, menjadi 1.724 emoji.

Beberapa emoji baru yang disahkan yakni, pria berjanggut, manusia siluman, jin, zombie, wajah dengan jari di depan mulut tertutup, wajah muntah dengan mulut terbuka, dan emoji orang tua yang mencerminkan kurangnya ikon kakek-nenek.
Sebelumnya, Rayouf Alhumedhi, remaja dari Jerman berusia 15 tahun, telah melakukan kampanye keberagaman emoji dengan mengusulkan karakter berhijab kepada Unicode.

“Saya sadar tidak ada emoji yang merepresentasikan saya yang berhijab,” ujar Alhumedhi, yang kemudian mengungkapkan rasa senangnya melalui Twitter setelah emoji berhijab disetujui.

Menurut laporan The Huffington Post, Senin (15/11/2016), rangkaian emoji baru itu akan dimasukkan ke Unicode 10, versi terbaru dari set karakter.

Meski begitu, tidak ada jaminan apa kah perusahaan telepon pintar akan menambah rangkaian emoji tersebut.

Jika akan ditambahkan ke telepon pintar, emoji tidak akan tiba hingga musim panas tahun depan. Pasalnya, perusahaan telepon pintar seperti Apple, baru berencana untuk menambah emoji dari set karakter versi sebelumnya, yakni Unicode 9. Karakter tersebut yaknifacepalm, selfie, badut dan perempuan hamil.

Sementara itu, Apple telah menambahkan versi perempuan dan laki-laki dari sejumlah emoji, setelah dikritik atas emoji perempuan yang mirip kelinci Playboy, atau emoji yang hanya digambarkan dalam aktivitas domestik. Sedangkan Google tengah merancang emoji baru yang mewakilkan perempuan bekerja di kantor. (Tirto)

Comments